Minggu, 17 November 2013

PENGEN GAUL TAPI SALAH JALAN !

Assalamualaikum para pembaca tulisan ini.

Sekarang udah banyak remaja yang pingin gaul tapi jalannya tuh nggak lurus tapi belok semua. bahkaan anak SMP pun udah ikut-ikutan gaul sama umur yang lebih tua dari mereka, padahal umur mereka belum sesuai dengan raut muka mereka. waduh-waduh.

Kenapa bisa seperti itu yah ? kenapa bisa nggak lurus kok pada belok semua ? mari kita bahas bersama.

1. PERGAULAN
Yang namanya masa remaja itu pasti identik dengan namanya percintaan dan pertemanan yang cukup erat. Pergaulanpun terjalin sesuai jalannya berkembangnya waktu. Pergaulan terjalin dimana saat kita mempunyai banyak teman di mana-mana dan banyak sesuatu hal yang baru tercipta saat teman-teman yang lain melakukan hal tersebut. Gaul bergaul sih boleh tapi ingat batas gaulnya juga dong kawan "Inga akang itu orang tua"

2. HAL BARU
Hal baru identik dengan rasa ingin tahu yang cukup tinggi dan bahkan tak segan ingin mencobanya. contohnya saja OBAT BATUK. Obat batuk yang biasa kita komsumsi sebagai obat untuk penyembuh batuk disalah gunakan menjadi sebuah barang untuk membuat diri menjadi Mabuk dan bahkan bisa dikonsumsi para pemakainya setiap. Dimana sih yang nggak jual obat batuk ? pasti semua warung pasti menjualnya. Obat batuk adalah sebagian hal kecil dari begitu banyaknya hal baru yang timbul dari pergaulan.

3. UMUR YANG BELUM SESUAI UNTUK KEDEWASAAN
Bicara soal umur pasti semua nggak suka menyebut yang namanya umur. Sekarang udah banyak anak kecil yang belum cukup umur udah maksaain buat menjadi dewasa boleh di bilang so dorang ini itu mo paksa D. hahaha sebenarnya kalau mau bergaul ama yang lebih dewasa itu baik buat adik-adik ini, tapi jangan sampai buat mengikutnya hal-hal buruk dari mereka yang lebih dewasa. Bahkan anak yang baru kelas 1 smp saja udah bisa ngerokok.

4. IMAN YANG TAK KUAT DAN AGAMA DIJADIKAN HANYA FORMALITAS SAJA Dari hal-hal diatas yang terjadi membuktikan bahkan iman para adik-adik dan remaja ini iman mereka udah nggak kuat dan bahkan gampang sekali di hasut oleh para setan-setan. Itu di karenakan tak ada lagi pelindung dalam diri mereka seperti sholat dan dzikir kepada ALLAH Swt. perbanyak mengingat ALLAH Swt. karena dia sangat menyayangi umatnya ingat bergaul boleh tapi jangan lupa ingat orang tuadan ingat ALLAH Swt.

5. ORANG TUA
Dalam hal ini juga peran orang tua sangat membantu buat sikap seorang anak terhadap pergaulannya saja. Untuk orang tua yang anaknya laki-laki selalu memotifasi mereka untuk berbuat apa yang dia suka tapi buat sesuatu hal yang positif yang paling terpenting jangan menekan mereka karena itu akan membuat mereka jadi stress berlebihan. Untuk orang tua yang anaknnya perempuan jaga mereka baik-baik karena seorang anak perempuan adalah aset yang sangat berharga (bukan berarti anak laki-laki tidak berharga yah) karena kalau sampai terjadi sesuatu pada anak perempuan anda pasti hal-hal buruk akan terus ada di pikirannya.

Saya juga ingin sampaikan kepada adik-adik dan teman-teman agar jangan salah jalan buat bergaul.
"bergaul boleh mar inga akang itu diri, orang tua deng smua-smua. baru sudah jo ba stress kong mo pigi bage itu obat batuk lah, ba ciong lem-lem bagitu baru apa stau dpe cumu itu e. sayang akang ngoni pe orang tua ksiang. dorang tiap hari cari doi for ngomi kg ngoni minta doi cuma for mo bli barang-barang yang nda butul bagitu. Baru kalau blum dpe umur ba tatto jang dlu ba tatto. masih kcili dang ngoni kg smo ba tatto-tatoo. memang itu ngoni pe hak mo ba tatto atau nda mar kita cuma mo kse inga' kalau itu hanya kesenangan sesaat deng nda ada guna smua. Inga ne PERJALANAN MASIH PANJANG KONG NGONI PE HIDOP SMO RUSAK ? NIMAU TOH ? SO ITU JANG USAH !"

Saya hanya menyampaikan hal-hal positif buat kalian bukan untuk menghina kalian atau apa. sayaminta maaf kalau ada salah-salah kata. Wassalamualaikum..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar